Senin, 20 Juli 2015

Personality Development



PD (personality development)  adalah salah satu materi pelajaran di Kampus LP3I yang diberikan kepada segenap mahasiswa baik itu kelas Reguler maupun kelas Modular.

Tujuan dari pelajaran ini adalah agar para mahasiswa lebih memahami potensi yang ada dalam dirinya.

Pengembangan diri dimulai dari :

  1. Mengetahui diri anda sebenarnya dengan mempelajari dasar-dasar karakter
  2. Mengetahui kemauan dan tujuan yang ingin terpenuhi
  3. Mengetahui unsur-unsur yang dimiliki diri sendiri untuk pencapaian keinginan tersebut, unsur-unsur yang dimiliki ialah meliputi kelebihan dan kekurangan yang ada dalam diri kita. 

Tiga hal diatas adalah sebuah konsep dasar dalam pengembangan diri agar tujuan yang di inginkan dapat tercapai sesuai dengan yang telah kita rencanakan.

Selain tiga hal diatas, dalam materi pengembangan diri ini juga para mahasiswa juga di ajarkan mengenai :

  1. Berpikir secara kreatif.
  2. Cara memotivasi diri.
  3. Kekuatan Self Talk.
  4. Leader ship.
  5. Merancang sebuah mimpi (planing).

Secara pribadi, setelah saya mendapatkan pelajaran pengembangan diri tersebut saya jadi memahami semua kekurangan dan kelebihan yang ada dalam diri saya. Namun semua kekurangan yang ada dalam diri kita jangan dijadikan kendala atau kelemahan yang dapat membuat kita menjadi minder atau malu untuk melakukan suatu hal. Namun kita harus mampu merubah kelemahan kita menjadi energi positif untuk percaya diri dalam melakukan suatu hal. Solusinya ialah kita harus mampu menutupi kelemahan kita dengan sebuah kemampuan atau keahlian dalam suatu  bidang tertentu.






0 komentar:

Posting Komentar